ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG) 2
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1.
NAMA GURU/MAHASISWA : …………………………………...
2.
NIM : …………………………………...
3.
TEMPAT PKM : …………………………………...
4.
KELAS :
…………………………………...
5.
MATA PELAJARAN : …………………………………...
6.
WAKTU : ……………………………………
7.
TANGGAL : ……………………………………
8.
KELOMPOK BELAJAR :
KARANGANYAR
9.
UPBJJ-UT : SURAKARTA
|
NO
|
KOMPONEN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
SKOR
PENILAIAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Melakukan
pembelajaran
|
|||||
a.
Melaksanakan tugas rutin kelas
|
|
|
|
|
|
|
b.
Memulai kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
c.
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
d.
Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan
sistematis
|
|
|
|
|
|
|
e.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
individual, kelompok atau klasikal
|
|
|
|
|
|
|
f.
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
g.
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan
tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
h.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
|
|
|
|
|
|
|
i.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
BUTIR 1=P
|
|
|||||
2
|
Mengelola
interaksi kelas
|
|||||
a.
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,
terbuka dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
|
|
|
|
|
b.
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
|
c.
Melakukan komunikasi secara efektif
|
|
|
|
|
|
|
d.
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat
dan serasi
|
|
|
|
|
|
|
e.
Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa
menyadari kelebihan dan kekurangannya
|
|
|
|
|
|
|
f.
Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
BUTIR 2=Q
|
|
|||||
NO
|
KOMPONEN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
SKOR
PENILAIAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
3
|
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
|
|||||
a.
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
1.
Mendemonstrasikan penguasaan materi Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
2.
Memberikan latihan ketrampilan berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memberikan latihan ketrampilan mengapresiasi
sastra
|
|
|
|
|
|
|
4.
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi
dan bernalar
|
|
|
|
|
|
|
5.
Memupuk kegemaran membaca
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3.a=R
|
|
|||||
b.
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
1.
Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan
manipulative
|
|
|
|
|
|
|
2.
Mengausai simbol-simbol matematika
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memberikan latihan penggunaan konsep matematika
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3.b=R
|
|
|||||
c.
IPA
|
|
|
|
|
|
|
1.
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui
pengalaman langsung
|
|
|
|
|
|
|
2.
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman
langsung
|
|
|
|
|
|
|
3.
Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
4.
Menampilkan penguasaan IPA
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3.c=R
|
|
|||||
d.
IPS
|
|
|
|
|
|
|
1.
Mengembangkan pemahaman konsep IPS Terpadu
|
|
|
|
|
|
|
2.
Mengembangkan pemahaman konsep waktu
|
|
|
|
|
|
|
3.
Mengembangkan pemahaman konsep ruang
|
|
|
|
|
|
|
4.
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3.d=R
|
|
|||||
e.
PKn
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kemahiran menggunakan metode yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
|
2.
Kemahiran menggunakan media pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
3.
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
5.
Penguasaan materi Pendidiakn Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
6.
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3.e=R
|
|
|||||
NO
|
KOMPONEN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
SKOR
PENILAIAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4
|
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|||||
a.
Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
c.
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
BUTIR 4=S
|
|
|||||
5
|
Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
|
|||||
a.
Penguasaan substansi
|
|
|
|
|
|
|
b.
Peka terhadap kemampuan berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pemnampilan guru dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
d.
Keefektifan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
RATA-RATA
BUTIR 5=T
|
|
Catatan singkat penilai tentang
kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru serta saran perbaikan.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
Nilai APKG 2=R
P + Q + R + S + T
R =
5
R
= Rata –rata Butir
|
................., ………………………………2013
Pembimbing/Penguji Pratikan
NIP. NIM.
0 comments:
Posting Komentar