RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SDIT Insan Kamil Karanganyar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V / I
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 x 35 menit)
I.
Standar
Kompetensi:
Mengidentifikasi cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
II.
Kompetensi
Dasar :
Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
III.
Indikator
:
1. Menjelaskan
penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya.
2. Mengetahui cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk
memperoleh makanan.
3. Memberikan
contoh hewan yang menyesuaikan
diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan.
IV.
Materi
Ajar
1. Hewan
yang menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan (bentuk
paruhnya).
V.
Metode
Pembelajaran
A. Picture
and picture
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
(Bersama-sama)
1. Salam
2. Presensi
siswa
3. Apersepsi
a)
Guru mengajukan pertanyaan:
Pernahkah
kamu melihat burung elang?
Bagaimana
bentuk paruhnya?
b) Menyampaikan materi pembelajaran, seperti:
“Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang cara penyesuaian hewan
dengan lingkungannya.”
c) Menyampaikan tujuan pembelajaran, seperti:
“Tujuan kita mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui bagaimana
cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
1. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati hewan yang ada
dilingkungan sekitar.
2. Siswa
menuliskan hewan apa saja yang diamati dan bentuk paruhnya.
3. Salah
satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
4. Guru
menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai hewan yang
menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
5. Secara
individu siswa mengerjakan lembar kerja siswa.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
1. Membuat
kesimpulan bersama-sama.
2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan.
3. Memberi
tugas rumah dari buku paket IPA
|
10 menit
|
VII.Bahan
dan sumber belajar
A. Gambar
paruh, gambar kaki hewan
B. Damayanti,
Puti. IPA Alam Sekitar Kita SD Kelas V. Yudhistira. 2010
VIII.
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian : tertulis
B. Bentuk
Soal : tes uraian
C. Instrumen : terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah
________________________
NIP.
|
Karanganyar, Oktober 2013
Mahasiswa
Nur Pitri Utami Ningsih
KISI-KISI
ULANGAN HARIAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : V (Lima)
Penulis : Nur Pitri Utami Ningsih
Waktu Ujian : 60 menit
Bentuk Tes : Tes Uraian
Jumlah butir soal : 5 butir
Sekolah : SDIT Insan Kamil
Karanganyar
|
0 comments:
Posting Komentar