Blogger Widgets

Kamis, 21 November 2013

Tugas RPP Perspektif Global



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                              (RPP)

Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester     : VI/II
Alokasi Waktu        : 1 pertemuan (2 x 35 menit)

I.      Standar Kompetensi
2. Memahami peristiwa alam Indonesia dan negara-negara tetangga.

II.    Kompetensi Dasar           
2.1 Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.

III.   Indikator
2.1.1    Menjelaskan peristiwa alam.
2.1.2    Menyebutkan contoh peristiwa alam.
2.1.3    Menyebutkan cara-cara menghadapi bencana.

IV.  Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa dapat menjelaskan peristiwa alam.
b.    Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa alam.
c.    Siswa dapat menyebutkan cara-cara menghadapi bencana.

V.     Materi Pembelajaran
·      Peristiwa alam sering disebut dengan gejala alam.
·      Peristiwa alam ada yang bermanfaat dan ada juga yang merugikan manusia.
·      Gejala alam di Indonesia hampir sama dengan gejala alam di Negara-negara Asia Tenggara lainnya.
·      Bencana alam yang terjadi karena faktor alam antara lain gempa bumi, gunung meletus, banjir, longsor, dan angin topan.
·      Perilaku manusia yang merusak alam antara lain menebang hutan secara liar, membuang sampah sembarangan.
·      Cara menghadapi bencana :
a.    Mewaspadai tanda-tanda akan adanya bencana alam.
b.    Melakukan penyelamatan ketika terjadi bencana alam.
c.    Melakukan perbaikan setelah terjadinya bencana alam.

VI.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab.




VII.  Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Karakter
1.     
Kegiatan Awal (10 menit)
1.    Salam.
2.    Absensi siswa dan menanyakan kabar siswa.
Religius, cinta lingkungan, percaya diri
2.     
Kegiatan inti (50 menit)
1.    Menyanyikan bersama-sama lagu ”Indahnya alam negeriku”
2.    Siswa menyaksikan dan mengamati video pendek mengenai alam (tsunami aceh).
3.    Salah satu siswa menyampaikan apa yang sudah diamati.
4.    Guru menanggapi apa yang disampaikan siswa.
5.    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai peristiwa
6.    Siswa menyaksikan video gunung meletus, badai dan kebakaran hutan.
7.    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menanggulangi bencana alam.
8.    Siswa dibagi menjadi 5 kelompok.
9.    Setiap kelompok mendiskusikan cara-cara menghadapi peristiwa alam dan membuat laporannya.
10.  Salah satu siswa membacakan hasil laporannya.
11.  Siswa mengerjakan tugas individu.
3.     
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.    Bertanya jawab apa yang belum jelas.
2.    Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar.
3.    Guru memberikan PR untuk membuat kliping peristiwa alam (gambar dicari di koran).
4.    Pembelajaran ditutup dengan salam

VIII. Sumber Belajar
  Buku                  : IPS Terpadu Kelas VI karya Tim Bina Karya Guru Penerbit Erlangga
  Alat dan bahan  : laptop, LCD, sound, slide

IX.    Penilaian
A.    Prosedur Penilaian     :  tertulis
B.    Bentuk Soal              :  tes uraian
C.   Instrumen                   :  terlampir

Mengetahui,
Pembimbing


____________________________
Karanganyar,     November 2013

Mahasiswa


Nur Pitri Utami Ningsih
NIM. 822943907

0 comments:

Posting Komentar