RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VI/II
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 x 35
menit)
I.
Standar Kompetensi
2.
Memahami peristiwa alam Indonesia dan negara-negara tetangga.
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.
III.
Indikator
2.1.1 Menjelaskan
peristiwa alam.
2.1.2 Menyebutkan
contoh peristiwa alam.
2.1.3 Menyebutkan
cara-cara menghadapi bencana.
IV. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa
dapat menjelaskan peristiwa alam.
b. Siswa
dapat menyebutkan contoh peristiwa alam.
c. Siswa
dapat menyebutkan cara-cara menghadapi bencana.
V. Materi Pembelajaran
· Peristiwa
alam sering disebut dengan gejala alam.
· Peristiwa
alam ada yang bermanfaat dan ada juga yang merugikan manusia.
· Gejala
alam di Indonesia hampir sama dengan gejala alam di Negara-negara Asia Tenggara
lainnya.
· Bencana
alam yang terjadi karena faktor alam antara lain gempa bumi, gunung meletus,
banjir, longsor, dan angin topan.
· Perilaku
manusia yang merusak alam antara lain menebang hutan secara liar, membuang
sampah sembarangan.
· Cara
menghadapi bencana :
a. Mewaspadai
tanda-tanda akan adanya bencana alam.
b. Melakukan
penyelamatan ketika terjadi bencana alam.
c. Melakukan
perbaikan setelah terjadinya bencana alam.
VI.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya
jawab.
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
1.
|
Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Salam.
2.
Absensi siswa dan menanyakan
kabar siswa.
|
Religius,
cinta lingkungan, percaya diri
|
2.
|
Kegiatan
inti (50 menit)
1. Menyanyikan bersama-sama lagu ”Indahnya alam negeriku”
2. Siswa menyaksikan dan mengamati video pendek mengenai alam
(tsunami aceh).
3. Salah satu siswa menyampaikan apa yang sudah diamati.
4. Guru menanggapi apa yang disampaikan siswa.
5. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai peristiwa
6. Siswa menyaksikan video gunung meletus, badai dan
kebakaran hutan.
7. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara
menanggulangi bencana alam.
8. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok.
9. Setiap kelompok mendiskusikan cara-cara menghadapi
peristiwa alam dan membuat laporannya.
10. Salah satu siswa membacakan hasil laporannya.
11. Siswa mengerjakan tugas individu.
|
|
3.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Bertanya jawab apa yang belum jelas.
2.
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil
belajar.
3.
Guru memberikan PR untuk membuat
kliping peristiwa alam (gambar dicari di koran).
4.
Pembelajaran ditutup dengan
salam
|
VIII. Sumber
Belajar
Buku : IPS Terpadu Kelas VI karya Tim Bina Karya Guru Penerbit Erlangga
Alat dan
bahan : laptop, LCD, sound, slide
IX.
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian : tertulis
B. Bentuk
Soal : tes uraian
C. Instrumen :
terlampir
Mengetahui,
Pembimbing
____________________________
|
Karanganyar, November 2013
Mahasiswa
Nur Pitri Utami Ningsih
NIM.
822943907
|
0 comments:
Posting Komentar