RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
RP-PKR
2.2.1
Nama
Mahasiswa : Nur Pitri Utami Ningsih
Nama
Sekolah :
SDIT Insan Kamil Karanganyar
Model
PKR : 2.2.1
Mata
Pelajaran : - IPA
- IPS
Kelas
: II/I
III/I
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 x 35
menit)
I.
Standar
Kompetensi:
IPA (Kelas II) : Mengenal bagian-bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
IPS (Kelas III) : Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
II.
Kompetensi
Dasar :
IPA
(Kelas II) : Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan.
IPS (Kelas III)
: Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah.
III.
Indikator
:
A. IPA
1.
Mengenali
bermacam-macam tumbuhan dan hewan di sekitar.
2.
Menyebutkan
contoh tumbuhan dan hewan yang
menguntungkan manusia.
3.
Menjelaskan
manfaat tumbuhan dan hewan yang menguntungkan manusia.
4.
Menyebutkan
contoh tumbuhan dan hewan yang merugikan manusia.
5. Menjelaskan akibat dari tumbuhan dan hewan yang merugikan
manusia.
B. IPS
1. Menjelaskan
pengertian denah.
2. Menjelaskan
kegunaan denah.
3. Membaca
sebuah denah.
4. Membuat
denah ruangan sebuah rumah/sekolah.
IV.
Materi
Ajar
A. IPS
1. Tumbuhan
dan hewan yang menguntungkan manusia.
2. Tumbuhan
dan hewan yang merugikan manusia.
B. IPA
1. Pengertian
denah.
2. Kegunaan
denah.
V.
Metode
Pembelajaran
A. Picture
and picture
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
Kelas II
|
Kelas III
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
(Bersama-sama)
1. Salam
2. Presensi
siswa
3. Game
ringan
4. Apersepsi
a. Guru
menanyakan ada yang sudah sarapan?
b. Guru
menunjukkan dua gambar telur dan ayam goreng yang tersimpan dalam plastik
yang diberinama MKH (Misteri Kantong Hitam)
c. Guru
menanyakan siapa yang suka? Dan menanyakan makanan tersebut dari hewan apa?
d. Kemudian
guru menyampaikan keterkaiatan pelajaran hari ini dan pelajaran kemarin.
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
1. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar hewan dan
menuliskan keuntungan memelihara hewan tersebut.
2. Salah
satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
3. Guru
menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai hewan dan tumbuhan
yang menguntungkan dan merugikan.
4. Siswa
secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan hewan dan tumbuhan yang
menguntungkan dan merugikan.
|
Kegiatan Inti
1. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati denah yang ada di papan
tulis.
2. Siswa
menuliskan di kertas “jalan apa saja yang dilewati oleh ayam untuk sampai ke
rumahnya”
3. Salah
satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
4. Guru
menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai denah.
5. Secara
individu siswa membuat denah sekolah.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
1. Membuat
kesimpulan bersama-sama.
2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan.
3. Memberi
tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar rumah dan
mengelompokkan apakah menguntungkan atau merugikan.
|
Kegiatan Penutup
1. Membuat
kesimpulan bersama-sama.
2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan.
3. Memberi
tugas rumah yaitu membuat denah perjalanan ke sekolah.
|
10 menit
|
VII.Bahan
dan sumber belajar
A. Gambar
telur, gambar ayam goreng, gambar denah, gambar benalu.
B. Buku
BSE Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas II.
C. Buku
IPS Kelas III SD. Tim Bina IPS. 2010. Yudhistira.
VIII.
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian : Kinerja
B. Bentuk
Soal : Pengamatan dan menempel
C. Instrumen : Terlampir
Mengetahui,
Tutor
________________________
NIP.
|
Karanganyar, Oktober 2013
Mahasiswa
Nur Pitri Utami Ningsih
|
2 comments:
Bermanfaat..
mksi
Posting Komentar