Blogger Widgets

Kamis, 21 November 2013

RPP Kelas Rangkap 2.2.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
RP-PKR 2.2.1

Nama Mahasiswa        : Nur Pitri Utami Ningsih
Nama Sekolah             : SDIT Insan Kamil Karanganyar
Model PKR                 : 2.2.1
Mata Pelajaran            : - IPA
                                      - IPS
Kelas                           :  II/I
                                       III/I
Alokasi Waktu            : 1 pertemuan (2 x 35 menit)

I.         Standar Kompetensi:
IPA (Kelas II) : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
IPS (Kelas III)  : Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
II.      Kompetensi Dasar :
IPA (Kelas II)         :  Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
IPS (Kelas III)        :  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
III.   Indikator :
A.    IPA
1.      Mengenali bermacam-macam tumbuhan dan hewan di sekitar.
2.      Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan  yang menguntungkan manusia.
3.      Menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan yang menguntungkan manusia.
4.      Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang merugikan manusia.
5.      Menjelaskan akibat dari tumbuhan dan hewan yang merugikan manusia.
B.     IPS
1.      Menjelaskan pengertian denah.
2.      Menjelaskan kegunaan denah.
3.      Membaca sebuah denah.
4.      Membuat denah ruangan sebuah rumah/sekolah.
IV.   Materi Ajar
A.    IPS
1.      Tumbuhan dan hewan yang menguntungkan manusia.
2.      Tumbuhan dan hewan yang merugikan manusia.
B.     IPA
1.      Pengertian denah.
2.      Kegunaan denah.
V.      Metode Pembelajaran
A.    Picture and picture
VI.   Kegiatan Pembelajaran
Kelas II
Kelas III
Waktu
Kegiatan Awal (Bersama-sama)
1.      Salam
2.      Presensi siswa
3.      Game ringan
4.      Apersepsi
a.       Guru menanyakan ada yang sudah sarapan?
b.      Guru menunjukkan dua gambar telur dan ayam goreng yang tersimpan dalam plastik yang diberinama MKH (Misteri Kantong Hitam)
c.       Guru menanyakan siapa yang suka? Dan menanyakan makanan tersebut dari hewan apa?
d.      Kemudian guru menyampaikan keterkaiatan pelajaran hari ini dan pelajaran kemarin.
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar hewan dan menuliskan keuntungan memelihara hewan tersebut.
2.      Salah satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
3.      Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai hewan dan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan.
4.      Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan hewan dan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan.
Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati denah yang ada di papan tulis.
2.      Siswa menuliskan di kertas “jalan apa saja yang dilewati oleh ayam untuk sampai ke rumahnya”
3.      Salah satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
4.      Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai denah.
5.      Secara individu siswa membuat denah sekolah.
50 menit
Kegiatan Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama.
2.      Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan.
3.      Memberi tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar rumah dan mengelompokkan apakah menguntungkan atau merugikan.
Kegiatan Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama.
2.      Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan.
3.      Memberi tugas rumah yaitu membuat denah perjalanan ke sekolah.
10 menit

VII.Bahan dan sumber belajar
A.    Gambar telur, gambar ayam goreng, gambar denah, gambar benalu.
B.     Buku BSE Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas II.
C.     Buku IPS Kelas III SD. Tim Bina IPS. 2010. Yudhistira. 

VIII.       Penilaian
A.    Prosedur Penilaian :  Kinerja
B.     Bentuk Soal          :  Pengamatan dan menempel
C.     Instrumen               :  Terlampir


Mengetahui,
Tutor



________________________
NIP.
Karanganyar,          Oktober 2013

Mahasiswa



Nur Pitri Utami Ningsih








2 comments:

Riski A mengatakan...

Bermanfaat..

Unknown mengatakan...

mksi

Posting Komentar