RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
RP-PKR
2.2.2
Nama
Mahasiswa : Nur Pitri Utami Ningsih
Nama
Sekolah :
SDIT Insan Kamil Karanganyar
Model
PKR : 2.2.2
Mata
Pelajaran : - IPA
-
Matematika
Kelas
: II/I
III/I
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 x 35
menit)
I.
Standar
Kompetensi:
IPA (Kelas II)
1. Mengenal bagian-bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
Matematika (Kelas III)
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
II.
Kompetensi
Dasar :
IPA
(Kelas II)
1.4.Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
Matematika (Kelas III)
1.5 Memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
III.
Indikator
:
A. IPA
1.4.1
Mengenali
bermacam-macam tumbuhan dan hewan di sekitar.
1.4.2
Menyebutkan
contoh tumbuhan dan hewan yang
menguntungkan manusia.
1.4.3
Menjelaskan
manfaat tumbuhan dan hewan yang menguntungkan manusia.
1.4.4
Menyebutkan
contoh tumbuhan dan hewan yang merugikan manusia.
B. Matematika
1.5.1
Mengenal
mata uang rupiah.
1.5.2
Menghitung
nilai sekelompok mata uang yang beragam nilainya.
1.5.3
Mengenal nilai tukar mata uang rupiah.
1.5.4
Menentukan
harga sejumlah barang.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
A. IPA
a.
Siswa dapat mengenali bermacam-macam tumbuhan dan hewan di sekitar.
b.
Siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang menguntungkan manusia.
c.
Siswa dapat menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan yang menguntungkan
manusia.
d.
Siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang merugikan
manusia.
B. Matematika
a.
Siswa
dapat mengenal mata uang rupiah.
b.
Siswa
dapat menghitung nilai sekelompok mata uang yang beragam nilainya.
c.
Siswa dapat mengenal nilai tukar mata
uang rupiah.
d.
Siswa
dapat menentukan harga sejumlah barang.
V.
Materi
Ajar
A. IPA
1. Tumbuhan
dan hewan yang menguntungkan manusia.
2. Tumbuhan
dan hewan yang merugikan manusia.
B. Matematika
1. Nilai
mata uang
VI.
Metode
Pembelajaran
A. Picture
and picture
VII.Kegiatan
Pembelajaran
Kelas II
|
Kelas III
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
(bergantian kelas II dan III)
1. Salam
2. Presensi
siswa
3. Apersepsi
a. Guru
menanyakan ada yang sudah sarapan?
b. Guru
menunjukkan dua gambar telur dan ayam goreng yang tersimpan dalam plastik
yang diberinama MKH (Misteri Kantong Hitam)
c. Guru
menanyakan siapa yang suka? Dan menanyakan makanan tersebut dari hewan apa?
|
Kegiatan Awal
1. Salam
2. Presensi
siswa (ketua kelas)
3. Ketua
kelas membacakan kelompok dan memberikan tugas (yang dibuat guru).
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
1. Siswa
dibagi menjadi 5 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar hewan dan
menuliskan keuntungan memelihara hewan tersebut.
2. Salah
satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
3. Guru
menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai hewan dan tumbuhan
yang menguntungkan dan merugikan.
4. Siswa
secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan hewan dan tumbuhan yang
menguntungkan dan merugikan.
|
Kegiatan Inti
1. Guru
keliling membimbing dan mengamati kelompok.
2. Salah
satu kelompok membacakan hasil diskusinya.
3. Guru
menanggapi hasil diskusi dan menjelaskan mengenai nilai mata uang.
4. Siswa
secara berkelompok mengerjakan tugas menghitung jumlah kembalian.
|
55 menit
|
Kegiatan Penutup
1. Membuat
kesimpulan bersama-sama.
2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan.
3. Memberi
tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar rumah dan
mengelompokkan apakah menguntungkan atau merugikan.
|
Kegiatan Penutup
1. Membuat
kesimpulan bersama-sama.
2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan.
3. Memberi
tugas rumah yaitu buku paket matematika hal 81.
|
10 menit
|
VIII.
Bahan
dan sumber belajar
A. Gambar
telur, gambar ayam goreng, gambar uang, gambar benalu, uang 1000, uang 500,
uang 100.
B. Buku
BSE Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas II.
C. Buku Matematika Kelas III untuk Sekolah Dasar Semester 1 Penerbit Esis.
IX.
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian : Kinerja
B. Bentuk
Soal : Menggelompokkan
C. Instrumen : Terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Arna
Dwi Harjatmi, S.Pd., M.Si
|
Karanganyar, 2013
Mahasiswa
Nur Pitri Utami Ningsih
|
2 comments:
terimakasih, rpp nya sangat bagus sekali
Dengan adanya RPP model 222 ini sangat membantu sy dlm proses pembelajaran saat ini
Terimakasih
Posting Komentar