Blogger Widgets

Kamis, 21 November 2013

Kisi-kisi Ulangan Harian



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SDIT Insan Kamil Karanganyar
Mata Pelajaran      :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester    :   V / I
Alokasi Waktu       :  1 pertemuan (2 x 35 menit)

I.         Standar Kompetensi:
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

II.      Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu  untuk mempertahankan hidup.

III.   Indikator :
1.    Menjelaskan penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya.
2.    Mengetahui cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan.
3.    Memberikan contoh hewan yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan.

IV.   Materi Ajar
1.      Hewan yang menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan (bentuk paruhnya).

V.      Metode Pembelajaran
A.    Picture and picture

VI.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal (Bersama-sama)
1.      Salam
2.      Presensi siswa
3.      Apersepsi
a)      Guru mengajukan pertanyaan:
Pernahkah kamu melihat burung elang?
Bagaimana bentuk paruhnya?
b)      Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang cara penyesuaian hewan dengan lingkungannya.
c)      Menyampaikan  tujuan pembelajaran, seperti: “Tujuan kita mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui bagaimana cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati hewan yang ada dilingkungan sekitar.
2.      Siswa menuliskan hewan apa saja yang diamati dan bentuk paruhnya.
3.      Salah satu kelompok membacakan hasil pengamatan.
4.      Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai hewan yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
5.      Secara individu siswa mengerjakan lembar kerja siswa.
50 menit
Kegiatan Penutup
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama.
2.      Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan.
3.      Memberi tugas rumah dari buku paket IPA
10 menit

VII.Bahan dan sumber belajar
A.    Gambar paruh, gambar kaki hewan
B.     Damayanti, Puti. IPA Alam Sekitar Kita SD Kelas V. Yudhistira. 2010

VIII.       Penilaian
A.    Prosedur Penilaian :  tertulis
B.     Bentuk Soal          :  tes uraian
C.     Instrumen               :  terlampir


Mengetahui,
Kepala Sekolah



________________________
NIP.
Karanganyar,          Oktober 2013

Mahasiswa



Nur Pitri Utami Ningsih



KISI-KISI ULANGAN HARIAN

Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                          : V (Lima)
Penulis                      : Nur Pitri Utami Ningsih
Waktu Ujian              : 60 menit
Bentuk Tes                : Tes Uraian
Jumlah butir soal     : 5 butir
Sekolah                     : SDIT Insan Kamil Karanganyar

No  BMP
Pokok Bahasan/
Sub Pokok Bahasan
Jenjang Kemampuan dan Tingkat Kesukaran
Jml Soal
Jml % soal
C1
C2
C3
C4, 5, 6
md
s d
s k
md
s d
s k
md
s d
s k
md
s d
s k
1
Penyesuaian diri dalam memperoleh makanan
KB1. Bentuk Paruh
KB2. Bentuk Kaki



/













/






/




/



/




5


 


0 comments:

Posting Komentar