Blogger Widgets

Kamis, 29 Maret 2012

Melindungi Flashdisk Kesayangan


flashdisk
Flashdisk dikenal sebagai media penyimpanan yang nyaman dibawa kemana-mana, karena bentuknya yang kecil dan mudah di bawa. Bentuknya pun ada berbagai macam bentuk yang menawan dan berbagai warna yang menawan pula. Tak heran banyak orang yang menggemari flashdisk dibanding media penyimpanan yang lainnya. Tapi terkadang sering menyepelekan juga, sampai sering hilang atau bahkan data pun lenyap. So, ini ada tips untuk menjaga flashdisk kesayanganmu :

1. Jauhkan dari medan magnet yang kuat. Barang-barang elektronik seperti TV dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet yang besar.
2. Jangan terkena air. Walaupun ada beberapa produsen flashdisk yang mengklaim bahwa produknya anti air, tapi tetap saja menghindarkan dari air itu lebih aman. Daripada datanya hilang atau flashdisk-nya mengalami kerusakan, sehingga lebih baik jangan ambil resiko untuk hal ini.
3. Melakukan scanning virus. Pada saat pengambilan data atau pemindahan data dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah, tetapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Terlebih apabila kita mengambil dan menyimpan data dari internet, flashdisk bisa dipenuhi dengan virus-virus yang sangat mengganggu. Jadi jangan lupa melakukan scanning virus secara berkala dengan perangkat lunak antivirus yang paling baru.
4. Lakukan proses eject dan stop. Pada point ini yang sering dilupakan yaitu meng-eject flash atau bahkan menganggap sepele padahal proses eject dan stop juga dapat mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.
5. Jauhkan dari tempat yang panas. Semua barang elektronik tidak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas, apalagi bila terkena matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya di tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung.
6. Hindari dari benturan yang keras. Flashdisk yang jatuh berkali-kali memiliki resiko yang tinggi untuk kehilangan data atau mengalami kerusakan secara fisik. So, hati-hati ya kalo marah flashdisnya jangan di banting J
7. Usahakan agar selalu tertutup. Udara dan lingkungan kita penuh dengan kotoran dan debu. Jika flashdisk kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.
8. Minimalisir proses hapus tulis atau write and delete. Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung kualitas flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan melakukan editing langsung dari flashdisk. Data yang dimasukkan di flashdisk sebaiknya dikompres dengan Winzip, WinRar, atau program lain yang sejenisnya.
9. Berilah gantungan seperti gantungan kunci pada flashdisk Anda. Ini sangat berguna agar Anda tidak tidak lupa dimana menyimpannya, karena bentuknya yang relatif kecil.
Nah, itu tadi sekelumit tips untuk melindungi flashdisk kesayangan biar tetap awet. Yups, selamat mencoba ya ^_^

0 comments:

Posting Komentar